Rabu, 12 Juli 2017

Harga dan Spesifikasi Kamera Phase One XF 100MP

Harga dan Spesifikasi Kamera Phase One XF 100MP
Harga dan Spesifikasi Kamera Phase One XF 100MP -*Sudah diketahui bahwa besaran megapiksel sebuah kamera tidak menjadi jaminan hasil foto akan mutlak bagus. Phase One sebagai salah satu perusahaan Denmark yang memproduksi gawai kamera baru saja merilis sebuah kamera medium format baru yang mampu menghasilkan foto resolusi 100MP (11.608 x 8.708 piksel) seperti yang diberitakan oleh Engadget (4/1/2015). Kamera medium format memang bukan kamera yang umum dijumpai dan digunakan, karena kamera ini memiliki harga jual yang tinggi juga keterbatasan dalam depth of field (DOF) pada lensa dengan sudut gambar yang sama. Misal jika dengan kamera SLR biasa membutuhkan lensa 35mm untuk menangkap sudut pemotretan 80 derajat, dengan kamera medium format membutuhkan lensa 65mm. Meskipun begitu kamera ini juga dikenal dengan kualitas hasil foto yang dapat dicetak dengan ukuran besar hingga seukuran baliho yang sering kita jumpai di pinggir jalan. XF 100MP menggunakan sensor kamera full-frame CMOS milik Sony berukuran 53,7mm x 40,4 mm yang mampu menghasilkan foto dengan spektrum warna 16 bit, dimana umumnya kamera lain sekelasnya hanya menghasilkan spektrum warna 14 bit. Biasanya mengambil foto medium format dengan besaran resolusi diatas 60MP merupakan tugas yang memerlukan sedikit trik, seperti mengambil beberapa foto sekaligus.

Harga dan Spesifikasi Kamera Phase One XF 100MP -*Namun dengan menggunakan XF 100MP hanya perlu sekali pengambilan saja. Selain dari urusan besaran resolusi, sensor yang digunakan Phase One XF 100MP juga mampu menghasilkan foto yang jernih dari tingkatan ISO 50 hingga ISO 12.800. Kamera yang pertama kali diumumkan pada bulan Juni tahun lalu ini cocok digunakan oleh para profesional yang menginginkan hasil super tajam dengan tingkat detail tinggi dan menginginkan untuk dicetak dalam ukuran besar. Karena teorinya jika dicetak hingga ukuran 2 meterpun hasil akan tetap terlihat sangat tajam. 
Pihak Phase One juga berani menjamin hasil yang diberikan akan sebanding dengan hasil foto menggunakan film, atau seperti foto yang diambil dengan kamera analog dengan karakter warna yang natural. Seperti yang kami sebutkan diatas, rata-rata kamera medium format tidak dijual dengan harga murah.
Begitupun kamera Phase One XF 100MP yang dijual di harga USD48.990 atau sekitar RP680 jutaan. Phase One baru saja mengumumkan kamera medium format baru yang menggunakan sensor berukuran 53,7 mm x 40,4 mm, berjenis CMOS dan memiliki resolusi 100 megapixel.
Format ini dahulunya terkenal dengan istilah medium format 645. Sensor CMOS buatan Sony ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sensor CCD, seperti mampu merekam 16 bit warna dan memiliki dynamic range yang mencapai 15 stop sehingga fotografer akan mudah mengeluarkan detail di area highlight and shadow di kondisi cahaya yang kontras. Selain itu, sensor CMOS ini lebih fleksibel dalam rentang ISO-nya, yaitu 50-12.500. Dengan ISO 50, memotret dengan long exposure seperti air terjun dan saat menggunakan lensa bukaan besar di luar ruangan dan studio menjadi lebih mudah. Noise lebih terkendali di ISO tinggi dan software Capture One akan otomatis menekan dan menghilangkan noise di tahap post-processing/editing. Kolaborasi antara Phase One dan Sony ini bukan yang pertama, sebelumnya, Sony pernah membuatkan sensor 50 MP untuk medium format yang digunakan di modul digital back Phase One IQ3 50 MP, bedanya, 100 MP ini memiliki permukaan yang lebih luas, tidak ada faktor pengali (1.3) seperti IQ1 dan IQ2. Dengan 100 MP (11.608 x 8.708 pixel) maka fotografer akan dapat mencetak foto berkualitas tinggi dengan ukuran 1 meter dengan detail yang sangat tajam dari jarak dekat. Untuk kualitas poster, ukuran 2 meter masih sangat baik. Dengan hadirnya kamera ini, fotografer profesional di bidang fine art, fashion dan landscape yang ingin mendapatkan detail yang paling rinci dan sering harus cetak foto dalam ukuran besar akan sangat diuntungkan dengan teknologi sensor terbaru




Tidak ada komentar:

Posting Komentar