Rabu, 12 Juli 2017

Harga dan Spesifikasi Sony A7 mk II


Harga dan Spesifikasi Sony A7 mk II 

Harga dan Spesifikasi Sony A7 mk II   -*Sony A7 mk II merupakan kamera mirrorless bersensor full frame pertama yang memiliki 5 axis stabilization. Kualitas gambar Sony A7 mk II sama persis dengan A7 karena megunakan sensor yang sama. Kualitas gambarnya sudah setara dengan kamera DSLR canggih seharga 15-25 juta. Saya belum berkesempatan mencoba kamera ini jangka panjang. pertama kali mencobanya 30 menit saat launching di Singapore, dan kemudian sempat mencoba selama satu minggu. Karena padatnya kegiatan mengajar, saya belum sempat hunting foto dengan kamera ini. Sehingga belum bisa memberikan review secara menyeluruh. Secara desain fisik, ukurannya lebih tipis dari kamera DSLR pada umumnya. Hal ini karena tidak ada cermin dan prisma jendela bidik optik di dalam kamera. Sony A7 mk II termasuk kamera yang cukup padat dan kokoh.

Harga dan Spesifikasi Sony A7 mk II  Bahannya dari logam magnesium alloy, dan karena ada stabilizer di dalam badan kamera, ada peningkatan berat yang cukup signifikan dibandingkan dengan Sony A7 generasi pertama.
Berat A7 adalah sekitar 400 gram sedangkan A7 mk II bobotnya 599 gram. Sebagai info, 599 gram ini kurang lebih setara dengan kamera DSLR pemula. Meski bobotnya nambah, tapi jika dibandingkan dengan kamera full frame lain seperti Canon 6D, Nikon D610, Sony A7 mk II masih lebih ringan sekitar 150 gram. Secara desain, saya lebih suka Sony A7 mk II daripada seri A7 yang lain karena grip/genggamannya lebih dalam, dan posisi tombol shutter lebih padat. Bagi yang tangannya tidak terlalu besar, akan nyaman saat memegang kamera ini. Tapi bagi yang tangannya agka besar, mungkin jari kelingking akan menggantung. Dengan pindahnya tombol shutter kedepan, maka di bagian atas kamera ada tempat kosong, dan Insinyur Sony secara bijak menambahkan sebuah tombol custom jadi totalnya 2 (C1, C2). Fitur baru Sony A7 mk II Highlight utama A7 mk II adalah 5 axis stabilization. Fitur ini membuat lensa apapun yang dipasangkan ke kamera akan mendapatkan keuntungan stabilizer, sehingga kita dapat mengunakan shutter speed yang lebih rendah saat memotret tanpa mengakibatkan gambar buram karena getaran tangan kita masuk ke foto.
Percobaan singkat yang saya lakukan dengan lensa Sony Zeiss 55mm f/1.8, saya bisa menahan dengan cukup konsisten sampai 1/15 detik (kira-kira 2 stop). Kadang-kadang saya bisa membuat foto yang tajam dibawah 1/15 detik, tapi tidak konsisten. Kadang buram, kadang tajam. Saya juga pernah mencoba dengan lensa Sony E 24mm f/1.8. Dengan lensa ini saya bisa menahan sukses secara cukup konsisten sampai 1/2 detik (4 stop). Dan dengan lensa Sony FE 70-200mm f/4 OSS, saya bisa mendapatkan sekitar 4 stop (1/10 detik) di 70mm. Tentunya hasil ini bukan hasil uji laboratorium yang intensif, hasil ini akan sangat bervariasi tergantung dari fotografer dan kondisi lapangan. Tapi pada intinya, image stabilization 5 axis di Sony A7 mk II sangat membantu terutama yang memotret dengan lensa yang tidak memiliki OSS-nya. Meski sudah mengunakan lensa dengan fitur OSS, dengan memasangkan ke kamera ini juga akan mendapatkan keuntungan, terutama bagi yang sering motret close-up atau makro karena ada fitur ini akan menstabilkan pergerakan kamera X dan Y (naik turun) dan Roll (berputar).
Harga dan Spesifikasi Sony A7 mk II  -*Kinerja autofokus ada peningkatan, terutama deteksi fasa yang lebih cepat dan mirip dengan Sony A6000. Tapi deteksi fasa ini hanya bekerja di bagian tengah saja. Dalam tes Lock-on object tracking di ruangan, kinerja Sony A7 mk II cukup baik, tapi tidak cukup untuk subjek bergerak sangat cepat seperti olahraga/satwa liar. Kinerja autofokus sedikit lebih baik dari Sony A7 di kondisi gelap, tapi masih kalah dari Sony A7s. Untuk fokus subjek bergerak cepat, pilihan Sony SLT A7 mk 2 yang mengunakan modul AF dedicated masih lebih baik atau kamera DSLR lainnya. Sony A7 mk II merupakan kamera yang hampir sempurna untuk format full frame. Ukurannya relatif ringkas tapi padat. Genggamannya lebih enak daripada kamera A7 lainnya. Tapi memiliki beberapa kekurangan yakni relatif sedikit berat untuk standar kamera mirrorless. Autofokus phase detection terbatas ditengah saja, dan penggunaan baterai lebih cepat habis. Kamera ini cocok untuk fotografer yang sering mengunakan lensa lama atau lensa yang tidak memiliki stabilizer. A7 mk II juga cocok untuk fotografer yang suka travel light tanpa tripod tapi tidak ingin mengkompromikan hasil foto.
Kelebihan A7 mk 2 5 Axis stabilization sangat membantu untuk pemakai lensa fix/prime tanpa stabilizer Desain genggaman yang baik Banyak pilihan kustomisasi untuk tombol dan dial Autofokus lebih cepat dan Lock-On cukup akurat untuk subjek yang bergerak 1-15km/jam Kualitas gambar sangat baik dan seimbang antara Megapixel dengan kemampuan low light. Posisi tombol shutter yang lebih baik Bahan kamera lebih baik dan tidak mengkilap (matte) Banyak fitur video termasuk picture profile dan S-log Gamma 2. ISO S-log gamma2 mulai dari ISO 800 daripada 3200 di A7s, mengurangi kebutuhan memakai filter ND. Jenis baterai sama dengan seri A7 dan kamera mirrorless Sony lainnya, jadi bisa tukar-tukaran. Mount lensa sudah diperkuat untuk menahan beban lensa telefoto/panjang. Kelemahan A7 mk 2 Saya berharap body kamera 75-100 gram lebih ringan Kecepatan buka-tutup masih relatif lambat dibandingkan sistem DSLR, yaitu sekitar 1-2 detik Autofokus masih tidak secepat kamera DSLR canggih/Sony A6000 saat tracking subjek bergerak cepat Baterai cepat habis (makanya diberikan satu baterai ekstra) Tidak disediakan external charger (bisa dibeli terpisah)
Spesifikasi Kamera Sony A7II Format Kamera: Full Frame Piksel: 24,2 Megapixels Resolusi Maks: 6000 x 4000 Format Lensa: Sony E & FE Kartu Memori: SD / SDHC / SDXC Rekaman Video: 1080 di 60/30 / 24p Viewfinder: Elektronik (cakupan 100%) Sensitivitas ISO: 50 - 25.600 Shutter: (30 - 1/8000 detik) Burst Rate: 5 FPS Focus Points: Fokus Hybrid dengan 399 poin Nirkabel: Wifi / NFC Berat: 19,6 oz / 21,13 g Kualitas Gambar Sony A7II Kamera Sony A7 adalah kamera full frame terkecil di dunia. Sony sensor adalah beberapa yang terbaik di pasar dan beberapa merek terkemuka menggunakan sensor Sony; Nikon dan Fuji untuk beberapa nama. Kualitas foto saingan Sony A7 atau A7II adalah kamera DSLR bodi besar lainnya. File Raw berukuran sekitar 42MB sehingga bahkan dengan kamera 24,2 MP ada banyak info di setiap file. Ketajaman dan kejernihan gambar bisa dilihat pada foto di bawah ini. Citra Bergen ini ditembak tanpa tripod. Gambarnya tajam meski diperbesar sepanjang jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar